CONTOH MANAJEMEN PEMASARAN

Contoh Manajemen Pemasaran

Misalnya ada seorang pemuda, yang juga merupakan seorang wirausaha pemula. Ia menjual minuman kopi hits, yang saat ini sedang viral.

Pemuda ini ingin melakukan manajemen pemasaran, agar produk minuman kopinya bisa diketahui konsumen dan untung dari dari pemasaran tersebut.

Manajemen dimulai ketika pemuda ini memilih toko franchise minuman kopi yang murah, namun sudah memiliki merk dagang yang cukup terkenal.

Setelah ia sepakat memilih franchise, selanjutnya ia menentukan lokasi penjualan. Ia meriset, bahwa ada beberapa pilihan lokasi yang bagus.

Yakni di dalam mall, di pasar, halaman minimarket, dan sekolah atau kampus.

Namun, ia sudah menentukan bahwa di halaman minimarket, adalah lokasi yang tepat jika dilihat dari segi jenis minuman yang dijual, merk, harga produk yang dijual (sekitar Rp5.000 – Rp10.000 / gelas), dan harga sewa tempat.

Nah, untuk menarik perhatian konsumen, ia memberikan harga spesial di awal pembukaan bisnisnya. Yakni promo beli satu dapat satu.

hal tersebut dilakukan pemuda ini, untuk menarik konsumen, agar mereka tahu bahwa saat ini di lokasi tersebut, sudah tersedia minuman kopi hits, dengan harga terjangkau, dan enak.

Agar tidak rugi, keesokan harinya ia menjual dengan harga normal. Namun tetap, akan kembali melakukan promo, misalnya ketika menjelang gajian, atau ketika konsumen membeli lebih dari dua, dan lain sebagainya.

sumber : https://www.mas-software.com/blog/pengertian-manajemen-pemasaran-fungsi-contoh-dan-tujuan

Leave a Reply